Program Studi Teknik Lingkungan

Perpustakaan

Himpunan

Laboratorium

Teknik Lingkungan Undip sabet the best oral presenter dalam ajang international conference 2016

Foto sicest

Semarang, Deparetemen Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro terus mendukung visi Undip sebagai universitas bertaraf internasional atau yang dikenal sebagai World Class University (WCU) melalui kegiatan Sriwijaya International Conference On Engineering Science & Technology (SICEST 2016) yang diselenggarakan selama 2 (dua) hari mulai tanggal 8-9 November 2016 di Hotel Santika, Pulau Bangka. Kegiatan ini merupakan ajang publikasi hasil penelitian bertaraf internasional yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya dengan tema“Building A Better Future Through Innovation In Engineering, Science And Technology”.

Tidak tangung-tanggung, Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro berhasil meloloskan 3 (tiga) paper sekaligus. Ke-tiga paper tersebut masing-masing diketuai oleh Dr. Ir. Syafrudin, CES, MT (Dosen Teknik Lingkungan, Undip), Prof. Dr. Ir.Budiyono, M. Si (Dosen Teknik Kimia, Undip) dan Purwono, S.Si, M.Si (Dosen Teknik Lingkungan, Undip). Berdasarkan data panitia penyelenggara, 650 paper tersubmit dalam kegiatan tersebut. 220 paper diantaranya lolos seleksi publikasi dalam jurnal terindeks scopus. Paper tersebut berasal dari 20 negara dengan 137 affiliasi diantaranya Indonesia, USA, Perancis, Belanda, Turki, India, Arab Saudi, Jepang, Australia, Vietnam, Philipina, Taiwan, Korea, Malaysia, Singapura, dan Etiopia. Seluruh paper yang lolos dibagi menjadi 9 (sembilan) kelompok diantaranya kelompok current innovation in environmental science dan chemical process and biotechnology.

Prestasi yang sangat membanggakan ditorehkan oleh tim Teknik Lingkungan Undip karena salah satu anggotanya di nobatkan sebagai the best oral presenter dalam kategori chemical process and biotechnology (CPB) dengan judul paper “The Effect of Enzymatic Pretreatment and C/N Ratio to Biogas Production from Rice Husk Waste during Solid State Anaerobic Digestion (SS-AD)”. Paper ini membahas tentang pemanfaatan limbah sekam padi menjadi biogas. Tim yang diketuai oleh Dr. Ir. Syafrudin, CES, MT berhak mendapat hadiah uang tunai sebesar 100 USD. Hadiah tersebut diserahkan secara langsung oleh panitia pada acara penutupan international conference di rumah makan Pantai Pasir Padi, Pulau Bangka. Hashfi Hawali Abdul Matin, ST (Mahasiswa Teknik Lingkungan, Undip) selaku the best presentation maju keatas panggung didampingi anggota tim (urut dari kanan Larasati Gumilang Kencanawardhani, ST., Hashfi Hawali Abdul Matin, ST., Dr. Ir. Syafrudin, CES, MT,. dan Indra Hukama Ardinata, ST). Hashfi Hawali Abdul Matin, ST mengaku sangat senang setelah menyabet the best oral  presenter. Tim peneliti berharap bahwa penelitian ini dapat dikembangkan dan diaplikasikan dengan skala yang lebih besar sehingga limbah sekam padi dapat dimanfaatkan dengan baik. (pwn)

Berita Acara KKL Teknik Lingkungan Angkatan 2010 – Bangkok, Thailand

Tanggal Pelaksanaan     : 9 – 14 September 2013

Lokasi Tujuan                     : Bangkok, Thailand

Terdiri dari:

  • Chulalongkorn University
  • Chatuchak Water Environmental Control Plant
  • Din Daeng Water Environmental Control Plant
  • UN-ESCAP (United Nation Economic  and Social Commission for Asia and the Pasific)
  • Royal Grand Palace, Reclining Budha, Wat Arun Temple, NongNoch Village, Madame Tussaud

 

Peserta:

Dosen

  • Dr. Ing. Sudarno, ST, MSc
  • Ganjar Samudro, ST, MT
  • Ir. Irawan Wisnu Wardhana, MS
  • Sri Sumiyati, ST, MSi

Mahasiswa

Terdiri dari 102 orang mahasiswa Teknik Lingkungan UNDIP angkatan 2010

 

Tema observasi :

Chulalongkorn University

  • Diskusi tentang aktivitas akademik dan perkenalan Departemen Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Chulalongkorn.
  • Kuliah umum tentang Wastewater dan waster treatment.

Chatuchak Water Environmental Control Plant

  • Kunjungan ke tempat pengolahan air bersih di kota Bangkok.

Din Daeng Water Environmental Control Plant

  • Kunjungan ke tempat pengolahan air bersih di kota Bangkok.

UN-ESCAP (United Nation Economic  and Social Commission for Asia and the Pasific)

  • Membahas masalah low carbon green growth map dan energy security untuk Asia-Pasifik

Royal Grand Palace, Reclining Budha, Wat Arun Temple, NongNoch Village, Madame Tussaud

  • Wisata Budaya

Selamat datang di Program Studi Teknik Lingkungan Undip

Program Studi Teknik Lingkungan merupakan salah satu program studi di lingkup Fakultas Teknik Universitas Diponegoro yang secara resmi didirikan di tahun 1998 dan mulai menerima mahasiswa pertama di tahun ajaran 1999. Program studi ini didirikan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan tenaga ahli teknik lingkungan yang handal yang dapat berperan secara aktif dalam mengatasi permasalahan lingkungan seiring dengan pertambahan jumlah penduduk, meningkatnya kesadaran masyarakat akan lingkungan yang sehat, kondisi perubahan iklim global dan Millennium Development Goals (MDG’s).

Dalam menjalankan program pendidikan, Program Studi Teknik Lingkungan menerapkan kurikulum yang dirumuskan secara cermat dengan melibatkan para stake holder yang berkonsentrasi pada pembentukan karakter lulusan yang terdidik, terampil dan berpengetahuan luas yang mendukung pada pembentukan mental dan pemikiran yang kreatif, inovatif dan profesional.

Program Studi Teknik Lingkungan membekali para mahasiswa agar dapat perperan secara aktif dalam menghadapi permasalahan air bersih, air limbah, limbah padat, udara dan sanitasi lingkungan dengan melalui pendekatan teknis. Selain itu, Sarjana Teknik Lingkungan juga dibekali dengan berbagai pengetahuan pendukung diantaranya kesehatan dan keselamatan kerja, pengelolaan proyek, kemampuan berkomunikasi dan jiwa kewirausahaan.

Program Studi Teknik Lingkungan juga mendukung pengembangan bakat dan penyaluran minat mahasiswa dalam bidang keagamaan, seni, budaya dan olahraga serta membekali mahasiswa dengan pengalaman berorganisasi melalui Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan.